Fungsi ODP Fiber Optik : Pengertian Serta Jenis

Fungsi ODP Fiber Optik : Pengertian Serta Jenis

Halo teman-teman kembali lagi bersama saya satria tentunya di qkeiba disini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi odp fiber optik.Jika kamu sudah tidak sabar dengan materi kali ini yuk kita langsung saja membahasnya secara detail disini.

Saat ini PT Telkom Indonesia Tbk sudah mulai merealisasikan jaringan fiber optik, yang mana teknologi yang digunakan oleh indihome merupakan teknologi jaringan GPON (Gigabit Capable Passive Optical Network) dengan menggunakan media transmisi informasi berupa serat optik ataupun yang lebih umum dikenal dengan nama Fiber Optic (FO).

Hanya menegaskan kembali, sebelum telkom memulai layanan indihome, telkom mempunyai produk layanan internet yang dikenal dengan merek Speedy yang memakai teknologi jaringan ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) serta masih menggunakan media transmisi kawat tembaga sebagai media pengirim informasi dan mempunyai kecapatan optimal sampai 5 Mbps.

Untuk saat ini pihak PT Telkom Indonesia Tbk sudah melaksanakan revolusi digital dengan mengeluarkan layanan yang bernama Indihome, yang mempunyai layanan Internet, IPTV, serta Telepon Rumah yang sering kita dengar dengan layanan Triple Play Fiber Optic.

Pengertian ODP

ODP (Optical Distribution Point) adalah sebuah perangkat untuk menterminasikan kabel fiber optik yang bersifat tahan terhadap korosi, tahan terhadap cuaca serta alatnya yang kuat dan keras yang mendukung ketika perangkat keras ini dipasang di luar ruangan.

Fungsi ODP

ODP adalah singkatan dari Optical Distribution Point yaitu suatu perangkat keras pendukung layanan fiber optik yang berfungsi untuk titik terminasi kabel drop optik ataupun alat untuk membagi satu core optic ke sebagian pelanggan (halte).

Macam-Macam ODP

ODP sendiri dibagi menjadi 3 macam jenis yaitu seperti dibawah ini:

ODP Closure

ODP Closure adalah alat berbentuk kotak berwarna hitam yang terpasang pada kabel jaringan telepon utama SCPT serta kabel SSW.Untuk tempat pemasangan biasanya terletak dekat dengan tiang telepon atapun terpasang pada pertengahan kabel diantara 2 tiang telepon.

ODP Pole

ODP Pole adalah alat berbentuk kotak yang biasanya terdapat di halte atau pelanggan dan dipasang di kabel fiber optik yang berada pada tiang kabel telepon yang berfungsi sebagai tempat untuk membagi core serat optic dari kabel utama ke pelanggan sehingga apabila rumah kamu dekat dengan kotak ODP Pole/ODP Wall maka akan lebih gampang jika kamu mau mengajukan pemasangan jaringan indihome.

Bagaimana bila tempat tinggal kamu jauh dari letak ODP Pole ataupun berjarak lebih dari 100 m, jadi kamu wajib membeli sendiri bonus kabel fiber (bila rumah kamu berjarak lebih dari 100 m dari Box ODP Pole).

ODP Pedestal

ODP Pedestal adalah alat berbentuk tabung yang berisi sambungan kabel fiber optik yang di letakkan di atas tanah, serta biasanya ODP Pedestal ataupun ODP tanah di pasang di area komplek perumahan maupun area perkantoran.

Kelebihan ODP Daripada Kabel Tembaga

  1. Kecepatan bisa mencapai 100Mbps
  2. Alat yang digunakan lebih efektif
  3. Terdapat berbagai macam jenis alat yang bisa disesuaikan dengan lokasi pemasangan

Cara Pemasangan ODP

Cara pemasangan ODP dengan teknik mengupas salah satu core dari kabel distribusi secara urut. Setelah itu core tersebut dimasukkan kedalam pasif splicer, pasif splicer yang biasanya digunakan pada ODP yaitu pasif 1/8, sehingga pasif tersebut di split menjadi 8.

Alat Pendukung Pemasangan ODP

Berikut ini adalah beberapa alat yang digunakan untuk mendukung dalam pemasangan ODP.

Splicer

Splicer adalah alat yang digunakan untuk menyambung ujung kabel fiber optik serta penyambungan 2 kabel di dalam Joint Closure.

Fiber Stripper

Fiber stripper adalah alat yang berfungsi untuk memotong dan mengupas kulit serta daging kabel.

Fiber Cleaver

Fiber cleaver adalah alat yang berfungsi untuk memotong core kulit kabel optic yang telah dikupas, perlu diketahui jika pemotongan core ini harus memakai perlengkapan khusus, sebab pada serat kacanya harus terpotong dengan rapih.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan materi kali ini mengenai fungsi odp fiber optik, semoga materi kali ini dapat bermanfaat sekian dari saya terima kasih.